Jangan Salah Memilih Web Hosting

|

Penyedia jasa Web Hosting di Indonesia sekarang ini sudah begitu banyak, ibarat jamur yang tumbuh di musim hujan. Dengan pilihan harga dan spesifikasi layanan yang bervariasi. Ketika kita akan memilih layanan web hosting sebaiknya kita perlu mempertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal agar tidak menyesal di kemudian hari.

Domain: Dari berbagai layanan webhosting juga tersedia berbagai jenis domain dengan harga yang beraneka ragam. Untuk pembelian atau kontrak domain sebaiknya pilih tempat yang sudah terpercaya dan terjamin di kemudian hari, dan tersedianya fasilitas kontrol domain penuh. Pembelian atau kontrak domain ini dapat di tempat yang sama dengan kita menyewa hosting atau di tempat lain, di mana kita hanya kontrak domainnya saja. Sebaiknya tempat kita beli domain berbeda dengan tempat hosting kita, dan yang penting tempatnya bisa dipercaya. Karena bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tempat hosting, kita bisa mengganti NS ke tempat lain.

Hosting: Web hosting adalah tempat kita meletakkan file website kita. Untuk pemilihan hosting ini tersedia berbagai pilihan. Seperti: tempat server (IIX (Indonesia), SG (Singapura), USA (Amerika) dan berbagai spesifikasi lain (space, bandwidth, dll).

  • Untuk pemilihan tempat server ini tergantung dari target pengunjung dari website kita nantinya. Bagi Anda yang pengunjungnya dari Indonesia saja, sebaiknya gunakan server dari Indonesia karena aksesnya lebih cepat dari Indonesia. Bagi Anda yang memiliki target pengunjung dari luar negeri sebaiknya gunakan hosting US, karena lebih cepat diakses dari luar sana. Namun bila Target pengunjung Anda dari dalam dan luar negeri sebaiknya gunakan server yang berada di Singapura karena lebih cepat diakses dari dalam dan luar negeri. Selain dari tempat server dan server yang digunakan hal lain yang berperan adalah ISP yang Anda gunakan akan mempengaruhi kecepatan koneksi.

  • Hal berikutnya yang harus dipertimbangkan adalah kapasitas penyimpanan (space) dan trafik bulanan (bandwidth). Bagi Anda yang ingin membuat blog pribadi minimal space yang digunakan 100-200 MB semakin besar semakin bagus. Trafik bulanan (bandwidth) sebaiknya minimal di atas 5-15 GB, karena pada bulan-bulan pertama biasanya belum begitu banyak memakan bandwidth tapi setelah bulan berikutnya kebutuhan akan bandwidth semakin meningkat sesuai dengan peningkatan trafik pengunjung. Semakin lebar bandwidth semakin bagus, untuk menghindari website/blog Anda tidak dapat diakses karena kehabisan bandwidth, kecuali bila Anda upgrade bandwidth. Bandwidth akan direset setiap tanggal 1 (satu) setiap bulan.

  • Harga sewa hosting, hal ini juga beragam sesuai dengan server yang digunakan dan tempat kita menyewa hosting. Untuk server IIX harga sewa masih sangat mahal, server SG lebih murah dari IIX dan agak mahal dari USA, dan server USA lebih murah biayanya. Namun semua ini tergantung dari tempat Anda menyewa hosting tersebut.

Demikianlah, silakan Anda pilih sendiri. Saya tidak akan menyebutkan server mana yang lebih bagus, semua tergantung sama Anda sendiri. Dan Tempat sewa webhosting dan domain mana yang bagus juga tergantung dengan penilaian teman-teman semua.

Pengalaman pribadi: Sebelumnya saya menggunakan hosting IIX di dua tempat, belum satu bulan saya sudah melakukan upgrade, bulan ketiga saya pindah ke Hosting Singapura. Karena harga di IIX yang sangat mahal, sementara kebutuhan akan bandwidth terus meningkat. Namun ada perubahan yang saya alami, ketika diakses hosting singapura lebih cepat dengan harga yang lebih murah dari IIX. Dan nampaknya di masa yang akan datang saya bakal pindah ke hosting USA dengan Harga dan Space serta Bandwidth yang melimpah :) Serta Blog yang satu lagi, saya pindahkan ke hosting Blogger dengan custom domain. Hosting IIX di dua tempat tidak terpakai lagi, walaupun kontrak satu tahun namun cuma terpakai 3 bulan saja.

Saran: Bagi Anda yang tidak mau dipusingkan oleh masalah hosting ini, gunakan saja hosting free atau Custom Domain seperti di Wordpress.com dan Blogspot/Blogger. Jadi kita hanya kontrak domain saja, dan tidak perlu mikir bakal kehabisan bandwidth namun tetap memiliki blog dengan domain sendiri. Tapi, kan takut disuspend… :( jangankan hosting gratis hosting berbayar pun bisa disuspend ;)

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
snara76.blogspot.com © 2009 | Jasebloger.blogspot.com | Design by Jase